Senin, 19 Agustus 2013

Tutorial Kartu Pop Up (Pop-up Card)

Ada yang request Tutorial pop-up card yang saya buat waktu lebaran kemarin (Klik disini). Dengan beberapa foto yang sempat saya foto waktu buatnya, dan mencoba untuk merangkumnya jadi tutorial.

POP UP CARD

Alat dan Bahan :

Keterangan :
1. Gambar Tempel
Untuk Gambar yang akan ditempel bisa membuat sendiri atau bisa juga cari di Google. Bisa juga memakai foto, sesuai selera dan kebutuhan saja.
2. Kertas Concorde atau Kertas Bufalo
Pemakaian media kertasnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau ketersediaan kertas (Pakailah bahan yang mudah terjangkau), saya pakai kertas Concorde karena tebal dan warna yang soft, seperti kertas undangan. Jika tidak ada bisa diganti dengan kertas bufalo.
3. Alat dan Bahan Pelengkap
Alat dan bahan pelengkapnya Standar saja ya, Gunting, cutter, penggaris, double tip, pensil dan pita (warna sesuai selera) dan bisa juga ditambahkan manik-manik dan lainnya seusai selera.

 Cara Pembuatan :
1. Ambil satu lembar kertas concorde dan cari sisi yang lebih halus (tidak bertekstur), dan buatlah garis tengah untuk standar kita membuat garis pola pop upnya.

2. Buatlah Sket untuk dasar pop upnya, sebelumnya ukur panjang dan lebar gambar tempel pop up, ini diperlukan untuk membuat garis-garis pola di kertas concorde. (Lihat Gambar) untuk ukuran disesuaikan. Untuk panjang garis dan bentuk garisnya juga disesuaikan dengan gambar tempel yang mau dibuat pop upnya. (bisa dipahami ya?) untuk garis putus-putus adalah garis yang akan dilipat, dan garis lurus yang dipotong.


3. Potonglah garis-garis lurus dengan Cutter, hanya yang bergaris lurus dan untuk garis putus-putus untuk melipat kertasnya.


4. Setelah semua garis lurus dipotong, kemudian balik kertas (sisi kertas yang tidak ada garis polanya) kemudian lipat kertas mengikuti garis putus-putus. sehingga membentuk semacam kubik atau 2 dimensi.


4. Jika ukurannya tepat akan membentuk seperti dalam gambar no. 3, setelah itu tempel gambar sesuai dengn potongan yang telah kita buat. dan lakukan cara no. 1 dan seterusnya jika ada gambar lainnya. Setelah semua gambar ditempel, ambil kertas concorde baru bisa dengan warna yang senada atau dengan warna yang berbeda dan tempelkan di sisi belakang (untuk menutupi bagian yang ada coretan polanya) tempel dengan double tip, untuk yang ditempel cukup bagian pinggir kertasnya saja. Agar kartunya bisa dibuka dan tutup. sehingga hasilnya seperti ini.


5. Untuk mempercantik bisa ditambahkan pita, sesuai selera. atau disesuaikan dengan kreasimu sendiri.


Keberhasilan pop up card tergantung dari ukuran yang akan dijadikan media, sebelum digunting sesuaikan terlebih dahulu dengan gambar tempelnya. Bagaimana mudahkan membuat pop up card? selamat mencoba, Happy Crafting

7 komentar:

  1. wooooogh,, lucu bangett kartunya. asik ya berkirim kartu lebaran, kebiasaan yang udah mulai ditinggalin orang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbk Linda, iya udah lama ga liat orang berkirim kartu lebaran, padahal lebih seru.. :)

      Hapus
  2. Mbak, salam kenal yaaa. Aku kiky. Tadi nyasar ke sini abis browsing ttg flanel :)

    Kartunya baguus. Kalo boleh tanya, adakah situs yang khusus ngasih theme untuh pop up card ini? *pemalas alert :P

    Pengen bikin buat anniversarry nikahan :P

    Makasih mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Kiky..
      makasih ya, waktu saya bikin pop up, cuman liat contoh2nya saja di google.
      mungkin bisa membantu mbk.
      http://www.makepopupcards.com/ :D

      Hapus
  3. terimakasih mbak infonya. mau nanya yg sket di contohin kan buat nempel mesjidnya, kalo yg orang di sebelah kanan dan kiri sama pohonnya itu nempelnya gimana ya mbak? terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama caranyanya mbk dengan cara nempelin masjidnya, bikin baru cuman lebih kecil. :)

      Hapus
  4. terimakasih mbak tutorialnya :3

    BalasHapus

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...