Senin, 08 Juli 2013

Laporan Aktivitas Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal menghitung Jam bisa juga tinggal menghitung Hari, tergantung Pengumuman Rukyat. 
Allah SWT memerintahkan kita berpuasa dan berhari raya karena melihat Hilal (Rukyat Al-hilal). Dia juga telah menjadikan rukyat sebagai sebab berpuasa dan berhari raya :
 
«صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ»

“Berpuasalah kalian karena melihat bulan, dan berhari rayalah kalian karena melihatnya.” (HR. Muslim) 
Jika kita telah melihat hilal Ramadhan, maka kita berpuasa, dan jika kita melihat hilal Syawal, maka kita pun berhari raya.

Dan masuklah kita pada bulan penuh berkah dan bulan Mulia, dimana hampir semua aktivitas kita bernilai Pahala, tidur saja kita dihitung pahalanya, tapi apa cuman diisi tidur saja, ada baiknya kita isi dengan hal-hal yang positif, Lumayan juga dijadikan momentum untuk memperbaiki diri, terutama kualitas ibadah kita yang belum sempurna.

Saya berencana dibulan Ramadhan ini untuk menulis semua aktivitas selama Ramadhan, dan sengaja diberi penilaian, Semacam rapor Ramadhan. Pas dulu kita sekolah, biasanya di madrasah atau di TPA-TPA dijadikan sebagai tugas Ramadhan, mengisi kegiatan selama bulan Ramadhan. Nah saya coba untuk diterapkan kembali di Ramadhan kali ini, sebenarnya muncul ide setelah sesi bbm-an dengan teman saya Faiq (Teman SMA) dia mengajak saya untuk lebih memperbaiki kualitas ibadah di bulan Ramadhan ini dan tidak melulu keduniawian, Karena masing-masing dari kita merasa kurang baik dalam ibadah dan sering gundah gulana. haha Akhirnya ngaku juga ya.

Saya coba buat laporan Ramadhan ini dalam format excel, dengan asumsi, bisa diisi setiap harinya dan sudah otomatis terjumlah dengan sendirinya, poinnya bisa kita tentukan sendiri, gunanya pemberian poin untuk penyemangat, walaupun poin kita berbeda jauh dengan poin Allah SWT yang jauh pasti tepat. Menulis poinnya juga kita sendiri, nah ini juga manfaatnya kita juga berlatih kejujuran pada kita sendiri. Yang dinilai dan yang menilai adalah kita sendiri. Kurang lebih bentuknya atau formatnya seperti ini.

Bentuk Laporan Ramadhan

Poin penilaian

Penilaiannya  bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas kita. Bagaimana denganmu? mau mencoba untuk bikin rapot aktivitas Ramadhan. Laporan ini bisa kita gunakan untuk anak-anak yang sedang belajar puasa, dan juga bisa kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari kita, sebagai pemacu untuk lebih rajin Ibadah, Aktivitas, dan memperbaiki sikap.

Karena mau masuk bulan Ramadhan, Saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin untuk semua kesalahan baik yang sengaja maupun tidak sengaja. dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, semoga puasa kali ini menjadi Momentum Perubahan diri ke arah yang semakin baik. Allahumma Amien.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...