Kamis, 22 Oktober 2015

Menulislah

Menulis/me·nu·lis/ v (diambil dari - Kamus Besar Bahasa Indonesia / KBBI)
1 membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dan sebagainya): anak-anak sedang belajar ~; melukis baginya merupakan kesenangan yang dimulai sebelum ia belajar ~; 
2 melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan: ~ roman (cerita), mengarang cerita; ~ surat membuat surat; berkirim surat;  
3 menggambar; melukis: ~ gambar pemandangan;  
4 membatik (kain): lebih mudah mencetak daripada ~ kain;


Masih banyak lagi definisi Menulis, Sejak jaman Prasejarah hingga saat ini di jaman Era Digital, menulis merupakan cara manusia untuk menceritakan kisahnya kala itu, bisa dalam bentuk simbol, gambar dan tulisan berdasar peradaban mereka. Menulis itu kegiatan menggoreskan bentuk ke dalam suatu media, sedangkan tulisan adalah hasil dari kegiatan menulis. Dari tulisan kita bisa tahu peradaban, sejarah, peristiwa dan kisah di suatu masa. Contoh terbesar adalah Al-Qur'an, Qur'an adalah salah satu kumpulan tulisan ayat-ayat Allah SWT yang diwahyukan kepada Rasul kita, Nabi Muhammmad SAW melalui malaikat Jibril, para Sahabat Nabi pada saat itu mengumpulkan ayat-ayat Allah dan menuliskannya. Jika saja ayat Allah tidak dituliskan, kita tidak akan mengenal perintah-perintah Allah yang tersampaikan dalam Ayat-ayatNya. Kekuatan tulisan, mampu mengungkapkan kebenaran dan meluruskan ummat Manusia, Begitupun dengan kitab-kitab pendahulunya, Kitab Zabur, Taurat dan Injil.
Betapa pentingnya menulis, tujuan menulis pun bermacam-macam, ada yang bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa yang sedang terjadi, mengisahkan kisah hidup, mencatat sesuatu yang penting,menyampaikan info, tips dan lain-lainnya, sebagai arsip, dan mengungkapkan opini yang kadang paling banyak disalahartikan. Maksudnya adalah menulis di media sosial, bisa berdampak positif sebagai pemberitahuan ataupun sebaliknya berdampak negatif sebagai sindiran.

Semakin berjalannya waktu, saya menjadikan blog ini sebagai tempat arsip semua hal yang menurut saya mau ditulis, dari sesuatu yang penting hingga hanya sekedar tulisan mengisi waktu luang. Saya pun sering membaca kembali apa yang sudah tertulis di blog ini. Sifat dasar Saya yang pelupa, belum terlalu tua tetapi suka lupa dan dengan menulislah membantu saya untuk mengingat, apapun yang penting saya tulis. Kegiatan menulis mengharuskan membaca, membaca tulisan kita, dan biasanya saya membaca apapun untuk menambah pembendaharaan kosakata atau untuk mencari ide untuk menulis, dengan menulis melatih otak dan banyak keuntungan lainnya.

Bagaimana dengan teman-teman, apa sudah menulis? menulis untuk apa? Seberapa seringkah menulis? Menulislah, apapun tujuannya, Kelak dengan tulisan bisa menceritakan sebuah kenangan yang pernah kita lewati, mengingatkan memory kita tentang suatu ilmu. Saya pun sedang berusaha untuk bisa menulis, saya pun membuat komitmen untuk mengisi blog ini minimal sebulan sekali, sulit pada awalnya, jika menjadi kebiasaan akan terbiasa.

Menulislah dengan bijak, jari jemarimu adalah harimaumu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...