Rabu, 16 September 2015

Latsarmil Bulog Angkatan 2015

Latsarmil atau kepanjangan dari Latihan Dasar Militer yang diadakan Perum Bulog untuk angkatan 2015. Inilah salah sekian alasan saya jadi jarang update blog, saya sedang mengikuti serangkaian tes untuk menjadi Pegawai Tetap ditempat saya bekerja saat ini, Rekrutmen untuk pihak Intern seperti saya. Saya yang Seorang Satker (Satuan Kerja) atau biasa orang menyebutnya Tenaga Honorer untuk bisa naik tingkat menjadi pegawai tetap atau Organik. Perum Bulog sudah lama tidak melaksanakan Rekrutmen dari pihak Intern, Lebih sering mereka merekrut karyawannya mengambil dari pihak Ektern atau Fresh Graduated untuk menjadi Tenaga Organik. 

Hampir 3 Bulanan kemarin dari sebelum bulan Puasa saya mengikuti tes demi tes yang dilakukan Bulog, tiap tes satu ke tes berikutnya menggunakan sistem gugur, Alhamdulillah, Allah Maha Baik memberi saya kesempatan sampai saya bisa lolos kesehatan dan mengikuti tes terakhir yaitu Latsarmil. Latsarmil biasanya dilaksanakan untuk Calon Pegawai atau Pegawai yang sudah diterima atau sudah bekerja, tapi tidak dengan Rekrutmen kali ini, Bulog menjadikan Latsarmil bagi kita yang lolos tahap Kesehatan untuk mengikuti Latsarmil sebagai penilaian dalam Rekrutmen. Perasaan makin campur aduk, kita belum sepenuhnya lolos tapi masih harus menghadapi "Siksaan" berikutnya. Setidaknya kita harus melakukannya dengan penuh Ikhlas dan semangat, kita harus berusaha dan untuk urusan hasil adalah wilayah Allah SWT, semoga Hasilnya menjadi harapan kita semua. Amin YRA.

Saya baru tahu Pengumuman Lolos Tahap Kesehatan tanggal 2 September, dan kegiatan Latsarmil dimulai tanggal 4 September 2015, Hanya butuh 2 hari untuk saya mempersiapkan diri dan bawaan yang harus dibawa. Latsarmil yang diadakan oleh Perum Bulog terbagi menjadi 4 Gelombang, kebetulan saya mendapat giliran Latsarmil Gelombang I, yang akan dilaksanakan tanggal 4 September 2015 di Rindam Jaya, Jakarta dan dilatih oleh pelatih-pelatih dari TNI.

Bayangan awal, Latsarmil adalah suatu pelatihan untuk memiliterisasi kita yang warga sipil, bakal tidak enak dan pikiran-pikiran buruk lainnya, tapi setelah saya sampai dan melewati semua kegiatan Latsarmil di Rindam Jaya, pikiran tentang yang buruk-buruk buyar sudah. Tidak seperti yang kita bayangkan, memang ada benarnya, tapi tidak separah bayangan kita. Kita diajari untuk lebih Disiplin, terutama Disiplin waktu, ketika waktu Sholat, maka harus sholat, waktu makan, maka harus makan, tidur dan segala aktivitas kita harus benar-benar terkoordinir dengan baik. Saya sebagai individu yang sering malas-malasan dituntut untuk membuang jauh-jauh rasa malas dan lebih memanage waktu dengan sebaik-baiknya.

Salah satu yang bisa saya ambil juga dari kegiatan Latsarmil adalah rasa kesetiakawanan, kekompakan dan kerja sama dalam sebuah Tim. Latsarmil juga mengajarkan bagaimana kita bisa saling berinteraksi dengan sesama, tanpa melihat latar belakang orang tersebut. Waktu Latsarmil saya bertemu banyak orang dari berbagai daerah, dari Sabang sampai Merauke dengan latar belakang kita yang berbeda-beda. Saya juga bisa mengenal dan sedikit tahu tentang kebudayaan dan kebiasaan teman-teman baru ini. Lebih tepatnya kita mendapatkan saudara baru. Berikut beberapa foto-foto yang saya dapat dan minta dari teman-teman waktu kegiatan Latsarmil.


Rindam Jaya, Jakarta tempat Latsarmil Calon Pegawai Perum Bulog Angkatan 2015

Barak kami, barak perjalanan perjuangan kami


Siswi Gelombang 1 Lengkap 13 orang, berasal dari berbagai daerah seluruh Indonesia
Berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama Latsarmil di Rindam Jaya:

Kalau kita melakukan kesalahan, pasti satu Kompi (kelompok) dapat hukuman, biasanya Push-up, Sit-up dan latihan fisik lainnya

Permainan kelompok yang mengajarkan kekompakan antar tim

Outbond diisi dengan kegiatan alam, mencoba Turun dari atas ke bawah dengan seutas tali (saya lupa nama olahraga ini). Walaupun tidak diwajibkan untuk mencoba permainan ini, untuk pertama kali, saya mencobanya dan berhasil mendarat dengan selamat, walaupun ditengah-tengah mendarat karena belum terbiasa, saya lupa teknik dan sempat membentur papan tebingnya. :D

Tidak hanya berlatih di lapangan saja, kita juga mendapatkan materi di dalam kelas, diisi oleh pemateri dari pelatih dari Rindam Jaya dan juga panitia dari Pusdiklat Perum Bulog. Ini adalah teman-teman yang saya temui pertama kali, karena kita satu kamar, ada si Bumil, Mbak Nana dari Kalbar dan si Mungil Mbak Sri dari NTB.

Dibelakang kita itu, Kantin tempat biasa kami jajan atau sekedar menghilangkan kantuk pas jam pelajaran. Penjualnya Ibu-ibu Persit. Lumayan lengkap yang dijual dari Siomay sampai bakso.
Foto-foto dengan Bapak-bapak pelatih di Rindam Jaya :







Salam-salaman setelah upacara penutupan Latsarmil

Foto bareng dengan Ibu Kapusdiklat yang cantik, Ibu Siti Kuwati.

Beberapa pelatih yang melatih kita selama di Rindam Jaya.


Siswa-siswi Calon Pegawai Perum Bulog Gelombang 1 berjumlah 115 orang, beserta Bapak-bapak Pelatih di Rindam Jaya

Kegiatan di Rindam Jaya yang dilaksanakan tanggal 5-10 September 2015, meninggalkan pengalaman yang berharga, suka duka yang seru, Ilmu yang bertambah, koneksi yang semakin meluas. Dan meninggalkan harapan atas kepastian status kita, Lolos atau tidaknya kita menjadi pegawai Perum Bulog. Saya dan teman-teman berharap, semoga apa yang sudah kita lewati bersama dari tahap kita mendaftar dan melewati serangkaian tes termasuk pelatihan yang telah kita lalu, menjadikan kita pribadi yang tangguh, disipilin dan bertanggung jawab. Seperti kata pengajar-pengajar kita, Kita masuk tidaklah mudah jangan kita sia-siakan dengan percuma. Usaha telah kita lakukan, hasilnya adalah Milik Allah SWT, semoga apapun hasilnya sesunggguhnya itu yang terbaik untuk kita. Amin YRA.

Terima kasih untuk pelatih-pelatih di Rindam Jaya, terima kasih untuk tim Pusdiklat Bulog, Perum Bulog dan semua yang membantu. Semangat untuk kita semua, Rinja, Waaaccccaaaoooo. :D


Note :
Terlepas dari semua keseruan kegiatannya, Semoga gak ada lagi kegiatan yang mengharuskan saya pakai celana, Takut dengan Dosa pada Allah. :(

39 komentar:

  1. Kekuatan...??? 55 55 55 yes rinja waaaccaaoouu.... Kata pak bambang "aksideen...bencana alam". Gelombang IV angkatan 7, salam perum bulog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas/mbak sudah mampir diblog dan meninggalkan jejak komen, wah nemu teman seperjuangan. Sukses semua Rinja Perum Bulog..

      Hapus
  2. kakak cantik share dong proses pengangkatan pegawai tetapnya berapa lama??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti pada umumnya proses rekrutmen mbk, dari tahap administrasi, tes kemampuan umum, psikotest, tes kesehatan, dan Latsarmil. kurleb sekitar 4bulanan dari awal saya tes sampai terakhir. terima kasih sdh berkunjung.

      Hapus
    2. Kakak, bisa di share psikotes bulog dulu kayak gimana ya? Yang umum ato gimana ya? Mohon bantuannya. Terimakasih..😊😊

      Hapus
    3. Saya ikut tes Bulog 3x mbak, 2x tes umum dan 1x tes intern. 2x saya tidak lolos. utk tes psikotest seperti umumnya tes psikotest. sering berlatih soal-soal psikotest mbk, perbanyak varian soal psikotest, pengalaman saya konsistensi jawaban juga diperlukan. Sukses untuk mbak Titi.

      Hapus
  3. Kalo interviewnya ditanyain apa aja ya mbak?
    Makasih banyak ya mbak buat info dan doanya..:-* :-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Interview tergantung yg bertanya mbk Titi, klo saya kmrn psikolog lebih ke personality. klo yg tanya pihak User (Instansi yang membuka lowongan) bisa juga ditanyakan pengetahuan umum dan info kantor tsb. Lagi ikut Tes Bulog kah? Semoga lancar sampai akhir ya.

      Hapus
    2. Share dong mba yg lebih jelas ttg wawancara user, makasih :)

      Hapus
  4. Iya mbak besok sabtu tes intelejensi mbak, berentet nanti minggu psikotes dan senin interview, Insya Allah lolos Amin..
    Makasih ya mbak infonya sangat membantu..:-) :-)
    Makasih juga doanya..:-D :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi tes dmn? Ini yg rekrutmen sby udah akan tes kesehatan tgl 10

      Hapus
    2. Lokasi tes dmn? Ini yg rekrutmen sby udah akan tes kesehatan tgl 10

      Hapus
    3. mba apakah dari daerah lain juga boleh ikut
      apakah hanya di peruntukkan untuk jakarta
      mba dr daerah mana

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. kak, mau tanyak dunk biasanya berapa lama hasil tes psikotes? udah hampir 4 minggu kok tak aa kabar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya sist

      Hapus
    2. memang lama ya prosesnya? sampek lebih dari 3 minggu ya?

      Hapus
    3. sabar aja ya mbak, pergunakan waktu untuk belajar dan berdoa, waktu saya ikut malah dari awal sampai akhir hampir 5 bulanan. Sukses

      Hapus
  7. Mau tanya, di kartu ujian kan sebelum tes kesehatan ada interview user, setelah itu tes kesehatan, tapi pas pengumuman kok langsung ke tes kesehatan ya, interview user nya masih ada atau di lewatkan? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijalanin aja sist

      Hapus
    2. tiap tahapan bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung panitia mbak. Selalu update info, dan semoga sukses.

      Hapus
  8. Mau tanya apakah ada yg tidak lulus pas di tes kesehatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap tahapan tes menggunakan sistem gugur, baik itu tes kesehatan maupun Latsarmil.

      Hapus
  9. kalau mata minus bisa ga ya masuk bulog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mata minus, tidak apa-apa asal tidak punya riwayat penyakit berat.

      Hapus
  10. hasil tes kesehatan di bulog udah sebulan 7 hari tapi belum ada pengumuman.. jadi galau :(
    mau tanya,, kalau calon pegawai barunya di diklatnya berapa hari dan dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar saja mas, banyak waktu untuk berdoa. saya juga nunggu hasilnya berbulan-bulan. :)
      Diklatnya di kantor Pusat Jakarta.

      Hapus
  11. wah nice info mbak.. sukses terus ya..
    bisa share,ato kasih gambaran alias kisi-kisi interview usernya gimana ? ditanya-tanya soal gimana gitu mbak..
    oiaya, Latsarmil itu sistem gugur jg mbak ? ada temennya yg gugur disitu mbak ?
    sy pikirnya kalo udah lolos interview akhir, udah keterima smua gitu

    BalasHapus
  12. Halo mbak, iya boleh dong di share kisi2 pertanyaan buat interview usernya. Trs buat yg latsarmil itu tahap berikutnya setelah interview user atau bagaimana? Lalu masi ada sistem gugur?

    BalasHapus
  13. mba lowongan pekerjaan ini terbuka untuk daerah atau provinsi lain kah ?

    BalasHapus
  14. lowongan kerja terbaru kan ada di maret 2016 ini
    yang saya ingin bertanya
    apakah pekrjaaan di perum bulog hanya untuk masyarakat jakarta ?
    saya dari provinsi katim ingin ikut mendaftar

    BalasHapus
  15. Mba untuk tesny diadakan dimana yh? Ap harus ke kntor pusatnya.
    Sy dari kabupaten jayapura.

    BalasHapus
  16. Share dong gaji take home pay di bulog brp sist?

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. informasi hasil tes kesehatannnya bisa di cek dmn mba?

    BalasHapus
  19. Mbk tny dong, diklatnya ngapain aja? Tdr jam brp bangun jam brp, kalo mlm blh minum ndk? Aku kebiasaan minum malam soalnya, takutnya gk dibolehkan dn gk dikasih minum pas tengah malam

    BalasHapus
  20. mb ariennnnnnn aq ketinggalan berita niiiiii

    BalasHapus

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...