Minggu, 21 Februari 2016

Konsistensi Menulis di Blog

Judulnya seperti mau memberikan tips-tips bagaimana bisa rajin menulis di Blog, padahal niatan sebenarnya karena saya memang butuh saran dan tips dari teman-teman blogger yang masih sangat aktif memposting atau memperbarui blognya dengan isi yang bermanfaat. Pada awalnya bikin blog karena ikut-ikutan trend pada saat itu dan kebetulan sahabat mendorong untuk bikin blog juga. Postingan pertama ke postingan selanjutnya pada saat itu sangat tidak konsisten, maksudnya saya tidak tiap bulan memperbarui tulisan di blog ini, ya karena niatan awalnya karena ikut-ikutan, Memang sesuatu yang didasari karena ikut-ikutan itu tidak akan awet, pasang surut sesuai trend. Singkat cerita akhirnya setelah saya lulus kuliah, saya sudah mulai sering "ngeblog", dan saya menemukan keasikan dalam menulis, walaupun saat duduk dibangku sekolah, tidak terlalu menyukai tulis menulis, karena ketidak PDan dengan apa yang saya tulis. Saya merasa tidak bakat dalam menulis, padahal tiap manusia yang mampu baca tulis, pasti setidak-tidaknya mereka menuliskan apapun yang ada dalam pikiran mereka. Jadi menurut saya menulis itu tidak harus menunggu bakat, semua orang yang bisa baca tulis pasti bisa menulis, soal kualitas tulisan, itu tergantung individunya. Bacaan dan lingkungan biasanya mempengaruhi gaya menulis seseorang.

Banyaknya sosial media yang serba instan membuat laman blog jarang tersentuh, misalkan saja, dengan hanya menulis kata-kata kita sudah bisa memposting dengan mudahnya di sosial media, begitupun dengan gambar atau foto, hanya dengan sekali klik saja kita sudah bisa memposting gambar atau foto. Ini juga salah satu yang membuat saya jadi "kesulitan" dalam memperbarui tulisan saya di Blog, ditambah lagi, saya sudah jarang bikin-bikin sesuatu yang bisa dishare. 

Sangat salut dengan teman-teman blogger yang pastinya ditengah-tengah kesibukan mereka mengurus keluarga dan pekerjaan bahkan ada yang masih menempuh pendidikan, masih sempat menulis diblog, terutama soal konten dari blog mereka yang masih konsisten dengan ragam minat masing-masing, tidak seperti saya, isi blog campur aduk. Tidak sedikit juga teman-teman blogger yang saya ikuti juga sudah lama tidak memperbarui postingan mereka, apa kabar mereka ? apa kalian sama dengan saya mulai menemukan kesulitan dalam memposting blog? atau kalian sudah merasa nyaman dengan fasilitas sosial media yang saya sebutkan tadi? lagi-lagi masalah konsistensi.

Saya pun berinisiatif sendiri memacu diri untuk menulis dan menulis, minimal satu postingan setiap bulannya, dan jika bisa isinya pun bermanfaat setidak-tidaknya untuk saya, dan semoga saja bisa bermanfaat untuk orang lain juga. Memang saya niatkan blog ini untuk arsip umum, dari hal pribadi sampai hal yang umum. Saya pernah baca dipostingan kawan, jika suatu hari kelak dimasa yang akan datang anak atau siapapun yang ingin tahu tentang diri kita seperti apa, tinggal klik saja nama kita dimensin pencarian, maka akan muncul semua mengenai kita. Nah siapa tahu ada yang mengklik nama saya, semua itu diarahkan dan sedikitnya tahu mengenai saya dari blog ini, walaupun saya juga punya sosial media yang lain. Setidaknya blog inilah "Rumah Maya" saya. Dimana sebanyak-banyaknya sosial media yang ada, tetap diblog jua saya pulang. Menurut saya salah satu keunggulan blog, kita bisa menemukan dan membaca tulisan kita yang lalu dengan mudah, tidak sama halnya dengan Sosial media lainnya, akan membutuhkan sedikit waktu menemukan tulisan kita yang lampau.

Harus benar-benar mendisiplinkan diri untuk bisa posting setiap bulannya, bukan paksaan tapi pacuan buat saya agar tidak berhenti menulis, membaca dan berkarya. Teman-teman ayo semangat, Back to write, go to Blog.


Saya menemukan artikel yang bagus untuk teman-teman yang baru akan memulai Ngeblog atau untuk teman-teman yang mau mengembalikan semangat ngeblog seperti saya, postingan ini silahkan dibaca :
TIPS MEMULAI BLOGGING UNTUK PEMULA (http://www.seociyus.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...