Senin, 03 Oktober 2016

Blogger atau Vlogger?


Banyaknya konten yang ditawarkan di dunia maya untuk penggunanya menunjukkan eksistensi, semakin banyak pula pilihan yang bisa kita pergunakan untuk menunjukkan karya atau info yang bisa kita share. Dan saya amat-amati makin sedikit teman-teman Blogger yang saya ikuti Blognya jarang update bahkan ada yang update terakhirnya 2-3 tahun yang lalu. Kemana kah mereka? apa mereka sudah berganti alamat Blog atau mereka sudah menggunakan media yang lebih praktis dari blog? atau mereka sudah mulai meninggalkan Blog Mereka? banyaknya pertanyaan-pertanyaan itu pun sempat melanda saya juga untuk bisa tetap konsisten menulis blog. Godaannya makin kebelakang makin berat, karena buat saya membuat postingan diblog gak hanya sekali duduk pencet keyboard sana sini klik posting selesai. Mungkin untuk sebagian orang Ngeblog bisa dengan mudahnya nge-posting dari Seluler, tapi buat saya, perlu ada waktu khusus untuk bisa memposting tulisan di blog. Hehe lebay ya, begitulah saya, saya suka hal yang terorganisir walaupun saya bukan orang yang perfeksionist dan mahir dalam segala hal.

Teman-teman pasti tidak asing dengan dua Media Blog dan Vlog, atau mungkin baru saja tahu karena sekarang ini lagi marak-maraknya Vlog daripada Blog. Fenomena yang terjadi, Blog mulai ditinggalkan banyak penggunanya setelah digeser ketenaran Vlog yang mulai merambah ke kalangan anak muda dan orang-orang populer, Vlog dinilai lebih praktis dan menarik daripada sebuah gambar yang disertai rentetan tulisan yang panjang. Vlog pun menjangkiti para remaja, dan orang-orang terkenal, hanya bermodal Video yang ada di perangkat seluler, Vlog pun bisa ditampilkan. Walaupun makin kesini Vlog yang dtampilkan makin kekinian dan bermodal tidak hanya kamera seluler, tapi juga merambah menggunakan kamera profesional. Bagaimana membedakan Blog dan Vlog ?

Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Sumber : Wikipedia)

Video-Blogging, atau bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Berbagai perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas video blogging. (Sumber : Wikipedia)

Sumber : http://www.bangtax.net

Vlog lebih banyak dipakai orang-orang untuk menceritakan tentang opini, hobby, kegiatan, dan lain-lain. Bagaimana denganmu? Masih rajin ngeblog atau sudah beralih jadi Vlogger? Sekarang tinggal masing-masing saja mau terus konsisten di Blog, mau beralih ke Vlog atau mau jalan keduanya? itu lebih bagus lagi. Apapun dan menggunakan apa media Sharingmu, ada baiknya yang bermuatan positif, dan kita pun juga harus bisa memilah mana yang pantas dan cocok kita ikuti. Dan yang utama adalah KONSISTENSI.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...