Sabtu, 04 September 2010

Buka Bersama Ala J-48

Bukber ato Buka Bersama yang sering dilakukan di Bulan Ramadhan. Bukber banyak dilakukan hampir setiap orang, dari berbagai kalangan. Ada yang melakukan Bukber di Masjid, Di rumah, di Resto ato Kafe, dan laen-laen tergantung selera yang punya hajatan Bukber. tidak mau kalah dengan yang laen, penghuni J-48 juga ngadain Bukber di Kosan. padahal tiap hari di Bulan Ramadhan, kita seluruh penghuni J-48 selalu bukber bersama kecuali ada yang berkegiatan di luar, saya salah satunya waktu masih aktif di kampus dan masjid, hampir jarang bukber di kosan, kecuali kegiatan diluar itu bisa saya tinggalkan sejenak.

Diantara Bukber-bukber J-48 yang pernah dilakukan, Bukber paling penomenal yang pernah saya rasakan selama sebagai penghuninya, yaitu terjadi pada tahun antara 2007-2008. Penghuni J-48 mengemas Bukber kali ini beda dari tahun-tahun sebelumnya. seandainya pada saat itu kita menuliskan konsepnya, kita punya konsep Bukber yang hebat, membumi dan mendidik. Konsep kali itu, setiap penghuni kosan J-48 harus menyumbangkan masakan apapun untuk dimakan beramai-ramai dengan penghuni yang laen.

hasilnya luar biasa, kami semua masak dengan modal seadanya dan bakat memasak yang otodidak lebih tepatnya. Bukber kami menghasilkan olahan yang sangat hebat. siang harinya kita gantian memasak di dapur dengan satu kompor gas yang ada, ada yang menyiapkan untuk minuman dan tempat berbuka nanti alias bersih-bersih diruang TV (tempat dimana seluruh penghuni J-48 berkumpul dan melakukan aktivitas bersama). setelah bergantian memasak, sekitar pukul setengah 5, detik-detik mau adzan maghrib. kita menata hasil masakan, setor kepada tetua yang pada saat itu kebagian mendekorasi masakan kami. karna disitu ada 10 penghuni, maka macam makanan kami ada 10 macam, walopun kapasitasnya tidak banyak. tapi cukuplah untuk 10 orang ditambah tamu-tamu J-48 (mantan penghuni kosan J-48). Kita mengelar masakan di atas daun pisang yang dihamparkan ditengah-tengah ruang. dan Voila.... yang tadinya masakan kita biasa-biasa saja jadi penomenal ketika di tata dengan indahnya.

para tetamu, yang sebelumnya tidak tau kalo bakal dijamu seperti ini, akhirnya juga ikut menyumbang, ada yang nyumbang beli cemilan, gorengan dan minuman. makin mantap saja bukber kali ini. sampe saat ini, masih terheran-heran dan terkagum-kagum ternyata kita bisa juga buat Bukber yang murah meriah. dengan bahan seadanya dari bahan2 yang kita punya bisa jadi meriah dan ini adalah salah satu momentum kesolidan J-48, saat-saat dimana kita bisa bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan. selepas kita berbuka dilanjutkan dengan sholat berjamaah dan taraweh bersama.


Nb: Bulan ramadhan ini selalu teringat dengan Bukber ala J-48.

4 komentar:

  1. ooiiooo cem-cem-aaannn!!!
    menyenangkan sekali hari itu yak!
    Perkedel tahu buatanku keliatan cokelat2 menarik gitu...padahal ga jago masak + pake ilmu seadanya bin memasak dari hati!
    menyenangkan...itu softdrink warna-warni ga kliatan ye...saya msh ingat, karena saya memberi pidato pembuka =)

    BalasHapus
  2. Absolutly...
    justru masakan yang dibuat dengan sepenuh jiwa raga, rasax mantap sangat dah..
    iye,, setelah tak ubek2 tak ado kita poto minuman warna warni itu, yang ado hanya poto kita lagi pake baju "bebas". dan itu tak mungkin tak posting...
    kapan2 pas reunian bikin konsep kayak gini.. =))

    BalasHapus
  3. aku terharuuuu....
    baru baca blogmu cinn..
    kok kangen ya rekk masa2 itu.
    ayooo...kpn kita bukber lagi??

    BalasHapus
  4. sangat mb' inar...
    moga2 diberi kesempatan untuk seperti itu..
    mungkin sesi reuni J-48..hayoh2 mari qt bicarakan..

    BalasHapus

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...