Kamis, 09 Oktober 2014

World Pos Day 9 October

World Pos Day (Hari Pos Sedunia) tepat hari ini tanggal 9 Oktober. Sebelumnya saya baru tahu kalo tanggal 9 Oktober ini adalah Hari Pos Sedunia, dan baru mengetahuinya setelah bergabung dengan Postcrossing yang merupakan wadah berkirim Kartu Pos Bangsa-bangsa, kenapa saya katakan bangsa-bangsa, karena runag lingkup Postcrossing yaitu berkirim kartu pos secara acak ke berbagai negara yang telah ditentukan dan akan menerima postcard dari negara lain yang juga secara acak, Di postingan saya selanjutnya akan saya jelaskan tentang komunitas Postcrossing yang baru-baru ini saya ikuti.

pemberitahuan dari Postcrossing tentang "World Pos Day"

Kembali dengan topik semula mengenai Hari Pos Sedunia, saya penasaran dengan sejarahnya. Dan saya menemukan penjelasannya, berikut saya ambil dari tulisan Bapak Florensius Marsudi di Kompasiana (Klik Disini).

Setiap tanggal 9 Oktober, kita memeringati Hari Pos Sedunia (World Post Day). Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari Pos Sedunia oleh Serikat Pos Dunia - Universal Postal Union (UPU) -, dalam konggres UPU di Tokyo, Jepang 1969. Sementara itu UPU sendiri adalah organisasi pos internasional yang diresmikan tanggal 9 Oktober 1874 di Bern, Swiss.

Dengan kata lain, peresmian - pendirian UPU pada 9 Oktober 1874 di Bern, Swiss tersebut sekaligus ditetapkannya sebagai Hari Pos Sedunia. Di Indonesia Hari Pos Sedunia lebih dikenal dengan istilah Hari Surat Menyurat Internasional.
Tujuan diadakannya peringatan Hari Pos Sedunia (Hari Surat Menyurat Internasional), untuk mengingatkan kita, bahwa pelayanan pos juga membantu - berperan dalam hal memajukan ekonomi - sosial sebuah negara (dunia).


Pada hari ini pula di komunitas-komunitas Kartu Pos dan filateli ramai memeriahkan Hari Pos Sedunia dengan berkirim kartu pos, surat dan benda filateli lainnya dengan Cap tertanggal 9 Oktober. Saya pun ikutan juga, walaupun ga seheboh teman-teman saya di KPI (Komunitas Postcrossing Indonesia). Bagaimana denganmu? masih suka berkirim kartu pos? atau tertarik mencoba berkirim kartu pos? direkomendasikan untuk dimasukkan dalam daftar hobby barumu. 

Hari ini saya mengirim 5 Kartu pos, inginnya bisa kirim sebanyak-banyaknya apa daya, Stok Kartu pos dan perangko menipis, jadi cukuplah bisa meriahkah World Pos Day tahun ini ya. Semoga sampai tujuan.

Happy "World Pos Day". Let's Send Postcard to Your Family, Friend, Penpals and Others. Happy Postcrossing. ^_______^

2 komentar:

  1. hi, arieners,, hehe aku panggilnya apa y enaknya?? kenalkan nama aku chii, o iya gegara aku baca postingan kamu yang ini aku jadi tertarik ikutan postcrossing, (latah mode on).. dan mungkin aku baru bisa kirim kartu pos pertamaku besok senin, (ga sabar nunggu senin >.<).. thanx for sharing ya...=)

    BalasHapus
  2. Hi. Chii, panggil saja Arien, terima kasih sudah mampir. Ayo kirim kartu pos sebanyak-banyaknya. Serunya bikin nagih lho.. Happy Postcrossing :D

    BalasHapus

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...