Rabu, 12 November 2014

Postcrossing

Postingan saya sebelumnya pernah bercerita ada suatu komunitas berkirim Kartu pos lintas negara, iya memang ada komunitas seperti itu yang ruang lingkup berkirim kartu posnya seluruh penjuru dunia, nama komunitasnya "Postcrossing".

"Send a Postcard and received a postcard back from a random person in the world"

Postcrossing adalah sebuah proyek online yang memungkinkan para anggotanya untuk mengirim dan menerima kartu pos yang nyata dari seluruh dunia. Tagline proyek ini adalah "Send a postcard and receive a postcard back from a random person somewhere in the world! (Mengirim kartu pos dan menerima kartu pos kembali dari seseorang secara acak di suatu tempat di dunia!)" Anggotanya juga dikenal sebagai Postcrossers, mengirim kartu pos kepada anggota lain dan menerima kartu pos kembali dari Postcrossers secara acak lainnya. Dari mana kartu pos itu berasal selalu menjadi kejutan bagi yang menerimanya.

Postcrossing adalah gabungan dari kata post (atau kartu pos) dan crossing (persimpangan) dan asal-usulnya "secara longgar berbasis pada situs Bookcrossing".  Namun, crossing (persimpangan) atau pertukaran kartu pos bekerja dengan cara yang berbeda. Seorang anggota mengirim kartu pos ke Postcrosser dan menerima kartu pos kembali dari Postcrosser di belahan dunia lain secara acak. Pertukaran antara dua anggota yang sama hanya terjadi sekali, meskipun tukar-menukar langsung antara anggota terjadi, mereka bukan bagian dari kejadian resmi pada situs. Proyek ini sepenuhnya gratis dan siapapun yang mempunyai alamat dapat membuat akun. Namun, kartu pos itu sendiri dan biaya ongkos kirim kartu pos mereka adalah tanggung jawab dari tiap pengguna. (Sumber : Wikipedia)

Website Postcrossing : www.postcrossing.com

Send a Postcard and received a postcard back from a random person in the world, begitulah slogan dari Postcrossing. Kirimlah sebuah kartu pos dan kamu akan mendapat balasan kartu pos dari orang secara acak di penjuru dunia. Keren kan, situsnya? buat kamu yang suka dengan korespondensi dan koleksi barang filateli, komunitas ini bisa jadi sarana untuk mencari teman dan menambah koleksimu. Apalagi di era serba teknologi berkirim kartu sudah mulai ditinggalkan, padahal saya mendapat kepuasaan yang tidak bisa didapatkan kalau kita hanya sekedar berkirim pesan via Sms, BBM, Whatsapp, Line, Kakao, Wechat dan semua aplikasi-aplikasi sejenis. Tulisan tangan mereka, pengorbanan menulis, mengirimkannya dan menunggu, berharap-harap akan datangnya kartu balasan tidak bisa kita dapatkan dengan semua aplikasi modern seperti itu. 

Saya masih baru gabung dengan komunitas ini, tahunya sudah lama tapi baru tergerak gabung beberapa bulan ini. Seru juga ternyata. Saya baru bisa kirim 7 Kartupos dan baru dapat balasan 2 kartu pos, ini beberapa komentar kartu pos saya yang sudah sampai dibeberapa negara. 


  

 




Setiap kita berkirim kartu pos ke negara secara acak yang ditentukan oleh Websitenya, jangan lupa untuk menulis ID- Postcard kita, ID ini diperlukan untuk regisrasi Postcard yang sudah kita kirim sudah sampai tujuan apa belum, setiap Postcard yang terkirim punya ID yang berbeda. Begitupun sebaliknya jika kita menerima Postcard dari Postcrosser lainnya, jangan lupa untuk registrasi kartupos yang kita dapatkan dengan Registrasi ID Postcardnya di Website, jadi Pengirim bisa tahu kalau postcardnya sudah kita terima. Di Postcrossing ini juga bisa Swap atau saling bertukar kartu, dengan cara kirim pesan pada postcrosser yang mau kita ajak Swap, tidak semua Postcrosser mau Swap, bisa kita cek di Bio Postcrossernya.

Bagaimana tertarik untuk bergabung dan mencoba sensasi berkirim kartu pos ke berbagai negara ? sekalian bisa belajar bahasa asing dan mempraktekkannya. Dua tiga pulau terlampaui. Mau bertukar kartu pos dengan saya, ID saya di Postcrossing "arieners". Oia teman-teman postcrossing Indonesia juga punya komunitas silahkan kunjungi Fanpage FBnya di "Komunitas Postcrossing Indonesia".
Happy Postcrossing ^______^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...