Kamis, 23 Desember 2010

Ibu Orang Tua Kita

Kemarin bertepatan dengan hari ibu tanggal 22 Desember, dan lagi-lagi latah dengan orang-orang yang menulis tentang Hari Ibu. saya mau berbagi tentang saya dan ibu, sedikit saja karena lebihnya cukup saya curahkan pada ibu.

Saya memanggilnya dengan panggilan Ebok (panggilan Ibu didaerah Madura), ebok memiliki pendirian yang keras dan tegas. tiada hari tanpa omelan ebok (karena saya anak cukup nakal pada saat itu), tiada hari tanpa debat-debat panjang, tiada hari tanpa panggilan-panggilan daruratnya. (ini bukan tulisan keluhan saya pada ibu)

terlepas dari semua sisi keras dan tegasnya Ebok, saya tau ibu sangat sayang pada anak-anaknya.hal itu dilakukan seorang ibu, bukan karena benci pada anak-anaknya, melainkan rasa kasih sayang yang luar biasa. saya ingat kata-kata ajaib Ebok, "orang tua tidak mau menjerumuskan Anaknya, semua ingin yang terbaek". benar kata pepatah :

kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah


teramat sedih melihatnya sakit, teramat rindu tak ada omelan-omelannya, dan teramat janggal tak ada debat kusir dengannya. Ebok sosok ibu yang saya cintai dan sayangi No. wahid.
Bagi saya tidak hanya tanggal 22 Desember saja hari Ibu, karena tiap hari adalah hari Ibu, hari kita berbakti pada Ibu, Pengorbanan Ibu tidak tergantikan sampai kapanpun. Bukan hanya Ibu saja, Hormatilah Bapak kita, sayangilah kedua orang tuamu sebagaimana dalam Al-Quran:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Lukman ayat 14)

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. Lukman ayat 15)

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan Hendaklah berbuat baik kepada Ibu Bapak, jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. (QS. Al Isra' 23)

Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya denga penuh kasih sayang dan ucapkanlah " wahai Tuhanku! sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil". (QS. Al-Isra'24)

Seperti kata Nabi Muhammad SAW ketika ditanya oleh seorang sahabat.
"Ya Rasul, siapakah yang harus kita hormati?"
"IBUmu!!!"
"siapa lagi?"
"IBUmu!!!"
" Siapa Lagi Ya Rasul?"
"IBUmu"
"terus siapa lagi?"
"BAPAKmu!!!"
begitu mulianya seorang IBU, Rasul kita saja menyebutnya sampai tiga kali.

Untuk itu Mari kita bahagiakan orang tua kita sepanjang Hidup, Doa Anak yang sholeh untuk kedua orang tua kita. dan Saya sayang Ibu, Ibu, Ibu, Bapak.... (Lindungilah Mereka Ya Rabb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berkomentar. :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...