Rabu, 26 Februari 2014

Pulang (Umroh Part 5)

Assalamualaikum, Ini bakal jadi postingan terakhir. Jangan salah sangka, bukan postingan terakhir di Blog ya, tapi menjadi The Last Part dari perjalanan Umroh saya bersama rombongan KBIHU Nurul Hikmah. Seperti akhir dari postingan saya sebelumnya (Part 1, Part 2, Part 3 dan Part 4) bahwa kami sudah menyelesaikan rangkaian kegiatan kami di Mekkah Al Mukaromah dengan diakhiri Tawaf Wada'. Setelah menyelesaikan Tawaf Wada' yang penuh air mata, kita kembali ke Hotel untuk bersiap Check-In hotel dan selanjutnya perjalanan menuju Jeddah, persiapan tengah malamnya kita akan Terbang ke Singapore, seperti perjalanan berangkat harus transit di Singapore.

Setelah semuanya siap untuk check in Hotel, bis yang akan membawa kami ke Jeddah datang, dan satu persatu-satu jamaah naik ke Bis, Badan kami sudah mulai kelelahan tetapi kami membawa semangat baru, semangat untuk menjadi lebih baik lagi sepulangnya ke Tanah Air. Bis yang membawa kami tidak langsung menuju ke kota Jeddah, tetapi masih membawa berkeliling kota Jeddah dan sekitarnya.

Ibuk sepulang tawaf Wada' dari Masjidil Haram ke Hotel

Makan Terakhir di Hotel.

Hotel Firdous Al Umrah, Misfalah Mekkah tempat kami menginap selama di Mekkah

Ga sempat foto2, selain waktunya singkat, batere camdig mulai menunjukkan lowbat
Biasanya setelah rangkaian Umroh selesai dan jamaah bersiap untuk pulang, mengunjungi Corniche Comercial Center (Al Balad) masuk dalam rangkain kunjungan. Disini merupakan tempat perbelanjaan berbagai macam barang dan makanan khas Arab Saudi. Untuk masalah harga, harus pintar-pintar menawar, karena disini harganya sangat berbeda jauh dengan perbelanjaan di Madinah dan Mekkah.

Check-In foursquare di Masjid Al Rahma (Masjid Terapung), Jeddah

Masjid Al Rahmah, banyak orang menyebutnya Masjid Terapung di Laut Merah, Jeddah, jika air laut pasang, masjidnya akan terlihat seolah-olah mengapung.

Foto di depan Masjid Terapung. Angin lautnya berhembus sangat kencang. Mulai dari sini saya mulai masuk angin.hahaha
Kebetulan atau tidak, selama di Madinah dan Mekkah saya sering naik bis ini. Bis Dallah, bis khusus Jamaah Umroh dan Haji. Supirnya baik banget. Terima kasih ya Muhammad. :)
Masjid Al Rahmah (Masjid Terapung) di Laut Merah Jeddah. Masjid yang dibangun di atas laut Merah. Laut yang menjadi saksi perjalanan Islam. Jika air laut sedang dalam kondisi pasang, maka masjid seolah olah mengapung di atas air laut, pada waktu kami berkunjung, air laut sedang surut, tetapi yang namanya laut, angin yng berhembus cukup kencang. Masjid Al Rahmah sekarang sudah dibuka untuk Umum, cuman ada waktunya. tidak 24 jam. Di sekitar masjid banyak penjual buah delima, kurma dan rumput fatimah yang berasal dari Indonesia, disana juga banyak yang menawarkan jasa untuk mengecat kuku atau menghias tangan dengan daun pacar. Karena penerbangan kami, masih tengah malam, jadi sisa waktu di Jeddah kami habiskan menunggu di Masjid Terapung ini.
Menjelang beberapa jam kepulangan kami, kami diantarkan ke bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Tempat yang sama pada saat kami datang pertama kali. Karena kondisi kelelahan, selama menunggu Boarding, Jamaah banyak menghabiskan waktu dengan beristirahat. Waktu penerbangan kami sekitar jam 1 Malam, dengan pesawat Saudi Airlines, pesawat yang sama pada saat keberangkatan. Pesawat Saudia Airlines tidak langsung membawa kami ke Tanah Air, tetapi masih transit ke Singapore, dan kali ini tidak hanya transit tetapi juga diberi kesempatan pihak travel untuk menginap semalam di Singapore.

Check In terakhir dengan sisa-sisa pulsa pake perdana "Mobily", perdana yang saya beli awal-awal sesampainya di Jeddah

Kondisi saya kurang fit dan batere kamera sudah sekarat, jadi gak sempat foto-foto banyak di Singapore. Sayang sekali, moga-moga bisa nyampe lagi di negara Singapore. Waktu kedatangan kami di Singapore bertepatan dengan Hari Raya Imlek, jadi semua pada berlibur, tidak ada pertokoan yang buka. Jalanannya relatif lengang.

Foto dengan Spongebob dan Patrick diBandara Changi Airport. Banyak Spot foto yang menarik di bandara.

Foto ditaman berbunga. hehe masih didalam bandara. Bunganya Asli lho, bukan bunga plastik. hehe

Foto Box Ala Changi Airport, Singapore. ternyata hasil fotonya bisa dikirim ke Email, sayang banget gak saya kirim ke email. hiks.

Punya saya dan ibuk balonnya Smile sendiri, karena kata jamaah pada nyengir posenya. haha

Seperti di postingan saya sebelumnya, tentang Singapore, banyak sekali fasilitas yang memanjakan pengunjungnya. salah satunya adalah Social Tree ini, jadi kita bebas berfoto kayak alat mirip foto box, trus tinggal di posting ke layar lebar, jadilah dipamerkan ke area bandara. Sebelumnya kita diberi kesempatan untuk posting di FB, Twitter, Tumblr, atau dikirim ke email.  Lumayan jadi terkenal kilat gara-gara foto kita bertengger di sana. Isi fotonya kebanyakan jamaah sendiri, karena kita pada Gila Foto ya. hehe. Keren, coba semua fasilitas di semua jasa angkutan Indonesia benar-benar memanjakan pengunjungnya seperti ini, pasti betah nungguin pesawat, bis atau kapal laut. Setelah puas foto-fotoan, tiba waktunya kita terbang pulang ke tanah air menggunakan Air Asia.

Kita kembali ke Tanah Air di tanggal 1 Februari 2014.

Tempat duduk saya di Pesawat sangat trategis karena dekat jendela, hanya karena camdig saya mati pet gak ada chargenya, gak bisa foto-fotoan, mau pakai hp juga tidak mungkin diatas pesawat menghidupkan Handphone. Singkatnya, kami tiba di Juanda sekitar jam setengah 2, dan setelah sholat dhuhur yang dijama' dengan ashar di masjid bandara, kamipun meluncur pulang menuju Pamekasan. Alhamdulillah kami sampai di Pamekasan, dengan kondisi yang bermacam-macam, walau badan lelah, hati kami bahagia, biarpun kami harus kehilangan salah seorang keluarga baru kami, semoga menjadi pererat kami dikemudian hari, tiada henti-hentinya saya ucapkan nikmat syukur yang Allah berikan pada saya, bisa berumroh dengan Ibuk, orang yang sangat saya sayangi.Mendoakan Ayah, adek-adek  dan semua kakek nenek, sanak family disana. Semoga masih diberi kesempatan kembali. Amin

Baca :
Berangkat (Umroh Part 1)
Madinah Al Munawaroh (Umroh Part 2)
Antara Madinah Al Munawaroh dan Mekkah Al Mukaromah ( Umroh Part 3)
Mekkah Al Mukaromah (Umroh Part 4)

Nb :
Semua foto dengan label 'www.boemiraya.blogspot.com" milik pribadi dan referensi bersumber dari www.google.com